Sunday 7 August 2016

Apakah Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) perlu Vitamin C?

Taukah kawan bahwa konsumsi Vit C sangat penting ketika kita mengonsumsi tablet tambah darah.
Ya mungkin bagi kita hal itu merupakan suatu hal yang asing dan membuat kita bertanya - tanya kenapa bisa?gimana caranya?

Saya akan berbagi sedikit. Pertama, kawan tau kan apa itu tablet tambah darah? kalo kawan bingung contohnya seperti sangobion dan lainnya. Nah, kalo menurut Depkes sendiri tablet tambah darah (TTD) adalah besi folat yang setiap tablet mengandung 60 mg besi elemental dan 0,25 mg asam folat. 

Kenapa sih pembahasan tentang tablet tambah darah perlu kita share? karena pemberian tablet tambah darah penting bagi ibu hamil dan remaja putri.
sumber : pinterest.com

Tablet Tambah Darah Bagi Ibu Hamil

Pentingnya tablet tambah darah (TTD) bagi ibu hamil adalah untuk menurunkan risiko melahirkan prematur serta berat badan bayi yang rendah ketika lahir seperti yang disebutkan oleh koordinator sistem kesehatan untuk program pemberian obat tambah darah pada wanita hamil dari Mikronutrient Initiative, dr Adhi Sanjaya, Msc.

Tidak hanya itu, ibu hamil cenderung mengalami anemia dikarenakan menurunnya hemoglobin (Hb) dalam darah. Hemoglobin memiliki peran penting dalam transportasi oksigen ke dalam jaringan tubuh. Selama kehamilan terjadi peningkatan volume darah, hal inilah yang membuat hemoglobin darah menurun dan terdapatnya janin di dalam perut membuat kebutuhan akan zat besi dalam tubuh meningkat. 
Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri

Pentingnya tablet tambah darah (TTD) bagi remaja putri karena pada remaja putri terjadi proses menstruasi di mana proses menstruasi ini menyebabkan kehilangan darah di dalam tubuh dan untuk menggantikannya dengan memberikan suplemen tablet tambah darah.

Tidak hanya itu, pemberian tablet tambah darah (TTD) bagi remaja putri juga dikhususkan guna mengurangi risiko terjadinya anemia serta meningkatkan status gizi dan kesehatan.

Banyak yang belum mengetahui bahwasannya dalam mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) dibutuhkan Vit C seperti air jeruk dan lain – lain. Karena tablet tambah darah merupakan besi bentuk Ferro. Dimana Ferro tidak dapat diserap oleh tubuh melainkan besi bentuk Ferri -lah yang dapat diserap oleh tubuh.  

Dalam perjalanannnya, Ferro dapat diubah menjadi Ferri dengan bantuan larutan Vit C. Vit C ini akan mereduksi Ferro menjadi Ferri. Tanpa adanya Vit C ketika mengonsumsi tablet tambah darah, maka zat besi yang ada tidak dapat diserap dengan baik dan akan menyebabkan terbuang bersama feses dengan proses keras dan feses berwarna hitam.

Jadi kawan, dalam hal ini ketika akan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) harus disertai dengan konsumsi Vit C (Tablet tambah darah diminum dengan air jeruk, jus jeruk atau yang lain semisalnya) untuk membantu proses penyerapan zat besi.  


Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment