Friday 12 August 2016

Konsumsi Teh Setelah Makan - makanan Mengandung Zat Besi atau Setelah Makan Utama,Bolehkah???

Pernah atau seringkah Anda konsumsi teh setelah makan - makanan yang mengandung zat besi atau makan utama? Kebiasaan ini tak lepas dari sebagian orang terutama suku tertentu.
Taukah Anda jika hal itu merupakan suatu hal yang tidak baik bagi kesehatan?
konsumsi teh setelah makan
                 Sumber : Google Image


Kebanyakan kita termasuk saya belum mengetahui akan hal itu, bahkan sebagian orang ada yang mengetahui bahwa hal itu merupakan suatu mitos belaka. Tapi, nyatanya hal itu merupakan fakta lho kawan dan mempunyai penjelasan  ilmiah dan bukti yang akurat. Berikut penjelasannya :

Telah kita ketahui bahwa makanan yang mengandung zat besi ada pada menu makanan utama kita yaitu daging, ayam, ikan, telur, sayur- sayuran hijau, dan kacang - kacangan. Berdasarkan sumber ilmiah yang saya baca, setelah kita konsumsi makan - makanan itu lalu konsumsi teh, maka penyerapan zat besi yang ada di dalam makan - makanan tersebut dapat terhambat.
Mengapa demikian? karena teh mengandung suatu zat yang bernama Tanin, nah tanin inilah yang yang membuat zat besi yang ada di dalam makanan terhambat penyerapannya ketika berada di dalam tubuh dengan cara mengikat zat besi tersebut dan tanin merupakan salah satu zat yang telah disebutkan dari berbagai sumber kepustakaan dapat menghambat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan kata lain, Tanin memblokir penyerapan zat besi.
Selanjutnya ketika kita sering melakukan hal yang demikian dapat menyebabkan kandungan zat besi di dalam tubuh kita berkurang yang dimana hal ini berindikasi pada suatu penyakit yang bernama Anemia. Pasti kawan juga sudah mengetahui dan sering mendengarnya bukan apa itu Anemia?
Jadi, dapat disimpulkan bahwa perilaku dan kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan.
Eitsss... tapi ada pengecualiaannya. 
Berdasakan sumber yang saya baca, hal itu masih boleh dilakukan asalkan setelahnya tetap langsung konsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C. Karena Vitamin C membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment