Monday, 4 January 2016

[Tumbuh Kembang -1 Tahun] Mengajarkan Ia Cinta Buku (Bag.2)

Mari kita lanjutkan ya Ayah-Bunda,


anak-anak mencintai buku
Pinterest.com


Pada dasarnya mengajarkan si kecil mencintai buku semenjak dini bukan bertujuan agar ia bisa cepat membaca. Hal tersebut dipaparkan oleh Leiderman, profesor dari Nova Southeastern University di Florida US.

Lebih lanjut, orang tua sering kali terlalu memaksakan kemampuan akademik si kecil. Padahal, anak menjalani proses belajarnya dengan bermain. 

Leiderman melanjutkan "ini bukan cuma masalah membaca kata-kata dalam buku, usia dini ini justru merupakan saat yang tepat untuk mencintai momen interaksi dengan orang tua. Ketika Anda membacakan bukunya, tetapi juga menikmati rasa aman dan nyaman dari Anda."

Berdasarkan beberapa penelitian bahwa membaca tidak hanya mengembangkan kemampuan bicara dan bahasa si kecil, tetapi juga mengasah kemampuan otak. Kemampuan otak inilah yang nantinya akan menjadi modal utama si kecil dalam mengembangkan semua bidang kecerdasan.

Saran yang sangat dianjurkan adalah buat sesi membaca menjadi interaktif. Pangku si kecil dan tunjukkan sebuah gambat dan tulisan dalam buku sambil menyebutkan benda tersebut.

Dari sini buah hati akan belajar memahami bahwa gambar dan tulisan yang kita tunjuk memiliki arti dan ia dengan senang hati akan merekamnya dalam memori otaknya.

Sepertinya ini adalah sebuah konsep dasar yang harus kita miliki untuk menanamkan cinta buku pada si kecil di rumah. 

hayuk Ayah-Bunda :)

(berlanjut, insyaa Allah)

Tulisan sebelumnya klik di sini


No comments:

Post a Comment